Buku :: Kembali ::

Sosiologi kota untuk arsitek / Paulus Hariyono

No. Panggil : 301
Nama Orang : Paulus Hariyono
Subjek :
  1. SOSIOLOGI
Penerbitan : Jakarta : Bumi Aksara, 2007
Bahasa : Indonesia
ISBN : 979-526-749-3
Edisi : Cet. 1
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber : Perpustakaan PTIK
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
301 01-10-00768 TERSEDIA
301 01-10-00767 TERSEDIA
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 8300
Buku ini mencoba memperkenalkan aspek sosial pada kajian perkotaan dan arsitektur, sutau bahasan yang masih langka dalam literatur Indonesia maupun asing. Pertama - tama buku ini akan memperkenalkan pengertian Sosiologi Kota untuk Rsitek secara bertahap. Dari pengertian ini dimungkinkan buku ini diberi judul Sosiologi Arsitektur.
Kota dan arsitektur memiliki filosofi dan persoalan sosial secara khas dari periode waktu yang satu ke periode waktu yang lain. Kajian ini akan dibahas dalam bab 4 yang menyajikan prose terbentuknya kota dan gaya arsitektur dari zaman kuno, industri,modern, post modern, neo modern kota global hingga kota kosmopolitan. Hasil kajian ini menemukan periodisasi karakteristik kota dan arsitektur dari zaman kuno hingga kosmopolitan
Bab- bab selanjutnya mengulas masalah urbanisasi, sektor informal, agropolitan, ruang publik kota, taman kota, analisis kebijakan politik dan persoalan pembangunan perumahan yang berkeadilan sosial. masalah - masalah ini mengungkap betapa persoalan sosial merupakan faktor yang mewarnai masalah perkotaan dan arsitektur.
Selanjutnya, kajian teori tentang rumah susun dalam aspek sosio kultural dan perancangan disajikan dalam bab tersendiri. Pada bab ini dibahas bagaimana analisis persoalan sosial diterapkan pada suatu perancangan sebuah rumah susun. Kajian ini diikuti dengan hasil penelitian tentang rumah susun Merapi dalam aspek sosial, pola tata ruang dan pewarnaan rumah tinggal orang keturunan Cina dan orang Jawa serta studi tentang faktor sosial budaya yang berpengaruh pada gaya arsitektur suatu rumah tinggal.
Aneka persoalan dalam buku ini akan merangsang pembaca untuk menambah wawasan dan memunculkan pemikiran - pemikiran baru bagi para peneliti, dosen, praktisi, mahasiswa, pemerhati masalah sosial perkotaan dan para arsitek untuk melakukan kajian dan penelitian. Buku inipun layak dibaca untuk memperkaya pengetahuan berkenaan dengan mata kuliaharsitektur perilaku, sejarah arsitektur, arsitektur kota, perkotaan dan permukiman, budaya dan desain, komunikasi arsitektur, sosiologi kota dan sosiologi arsitektur.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive