Buku :: Kembali ::

Perbandingan hukum pidana beberapa negara

No. Panggil : 345
Nama Orang : Andi Hamzah
Subjek :
  1. HUKUM PIDANA
Penerbitan : Jakarta : Sinar Grafika, 2012
Bahasa : Indonesia
ISBN : 978-979-007-066-0
Edisi :
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
345 2632-15 TERSEDIA
 perbadingan hukum pidana beberapa Negara.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 53537
Perbandingan hukum (rechtvergelijking) adalah suatu kegiatan membandingkan sisitem hukum yang satu dengan sistem hukum yang lainnya ataupun membandingkan lembaga hukum (legal institution) dari suatu sistem hukum dengan lembaga hukum dari sistem hukum yang lain. Dengan perbangdingan hukum itu akan ditemukan unsur-unsur persamaan (similariitas) dan unsur-unsur lembaga atau sistem itu. Perbandingan hukum pidana (corparative criminal law), yaitu dengan membandingkan sistem dan ketentua pidana diberbagai negara dapat meningkatkan kualitas dan pengembangan ilmu hukum pidana secara praktis dalam bidang legislatif dan yudikatif serta menjaga harmonisasi hukum antar negara.
Perbandingan hukum pidana sangat penting, bukan saja untuk memperluas cakrawala pengetahuan bidang hukum pidana, tetapi juga untuk mengikuti perkembangan hukum pidana yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi.
Sesudah perang dunia II, semua KUHP di dunia ketinggalan zaman. Ada negara yang menyusun KUHP baru sama sekali, seperti Swedia, Jerman, Australia, Portugal, Federasi Rusia, RRC, dan lain-lain. Ada pula yang terus menerus mengamandemen KUHP-nya hampir setiap tahun sehingga tetap layak dipakai seperti Belanda, Prancis dan lain-lain.
Indonesia sudah menyelesaikan rancangan KUHP dan KUHAP tahun 2008, semua sudah mengikuti perkembangan baru di dunia modern. Di dalam buah karya yang cemerlang dari Prof. Dr. Jur. Andi Hamzah dalam edisi ketiga ini ditambahkan beberapa KUHP baru agar pengetahuan kita tentang perbandingan hukum pidana menjadi luas.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive