Buku :: Kembali ::

Seri pohon komunikasi : Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi

No. Panggil : 301
Nama Orang : Nina W. Syam
Subjek :
  1. SOSIOLOGI-KOMUNIKASI
Penerbitan : Jakarta : Simbiosa Rekatama Media, 2012
Bahasa : Indonesia
ISBN : 978-979-3782-90-4
Edisi :
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
301 01-14-002485 TERSEDIA
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 50372
Ilmu komunikasi merupakan cabang yang berakar dari berbagai ilmu sosial, salah satunya adalah sosiologi. Sosiologi adalah ilmu tentang manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi antara satu sama lain dengan cara berkomunikasi. Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi merupakan inti penjabaran dari hubungan sosiologi dan komunikasi karena dalam sosiologi, kajian komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia.
Dalam Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi, interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan perwujudan dan komunikasi yang bersifat konkret. Interaksi yang terjadi diantara manusia menimbulkan kontak sosial. Di sini, makna sangat penting ditafsirkan oleh individu yang mendapat informasi karena makna yang dikirim oleh komunikator kepada komunikan menjadi sangat subjektif. Ini ditentukan kontak sosial ketika informasi itu dikirim dan diterima.
Sebagai suatu ilmu pengetahuan diantara ilmu-ilmu sosial lainya, Sosiologi juga harus memenuhi syarat-starat Ilmiah. Beberapa Perspektif teori dalam Sosiologi adalah Perspektif Positivisme dan Perspektif Fenomenologi serta beberapa Teori yaitu Teori tindakan Sosial, Teori Pertukaran Sosial dan Teori Pilihan Rasional. Dalam hal ini, Perspektif Positivisme terbagi dalam pandangan berdasarkan Teori Fungsionalisme ? Strukturalisme dan Teori Konflik dan Perspektif Fenomenologi terbagi dalam pandangan Teori Interaksionalisme Simbolik dan Etnometodologi.
Fokus kajian Sosiologi adalah interaksi sosial yang diisyaratkan oleh adanya fungsi-fungsi komunikasi sehingga terbentuk Kontak sosial yang makna menjadi sangat penting ditafsirkan oleh individu yang mendapat informasi karena makna yang dikirim oleh komunikator kepada komunikan menjadi sangat subjektif, yang mana ini ditentukan oleh kontak sosial ketika informasi itu dikirim dan diterima. Selain intu juga, Fokus kajian Sosiologi akan membentuk fokus interaksi sosial dalam masyarakat berupa komunikasi. Sosiologi menjelaskan bahwa komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia atau sering disebut Sosiologi Komunikasi yaitu suatu proses interaksi antarmanusia melalui simbol-simbol yang bermakna (meaning full symbols) dengan melibatkan sistem, norma, dan nilai yang berlaku dimasyarakat untuk mencapai kesamaan arti/makna.

:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive