Buku :: Kembali ::

Menyelamatkan alam sunda dan kajian lainnya mengenai kebudayaan sunda

No. Panggil : 306
Nama Orang : Ind (Pusat Studi Sunda)
Subjek :
  1. KEBUDAYAAN
Penerbitan : Bandung : Yayasan Pusat Studi Sunda, 2007
Bahasa : Indonesia
ISBN : [878-979-16066-0-0]
Edisi : Cet. 1
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
306 01-10-02772 TERSEDIA
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 4559
Dalam buku Seri Sundalana nomor ini sejumlah penulis dan peneliti membahas keadaan ekosistim Tatar Sunda dewasa ini. Mereka diundang untuk menulis sebagai bagian dari upaya kolektif untuk memahami seluk beluk dan rincian ancaman kerusakan lingkungan Tatar Sunda seraya memikirkan langkah - langkah ke arah konservasinya.
Memenuhi undangan tersebut, Sobirin membeberkan kerusakan kawasan hutan dan kandungan airnya. Kerusakan yang tak kalah memprihatinkannya juga dialami oleh kawasan kars, sebagaimana yang dipaparkan oleh ahli geologi Budi Brahmantyo. Sementara dari sudut pandang geografi T. Bactiar mengamati seluk beluk keadaan alam di kawasan Cekungan Bandung, khususnya yang berkaitan dengan riwayat Danau Bandung Purba. Adapun ahli biologi Johan Iskandar memaparkan gejala berkurangnya spesies burung di Jawa Barat. Sementara Igan S. Sutawidjaja membahas peluang - peluang pengembangan kawasan bekas letusan Gunung Galunggung sebagai daerah tujuan wisata, dalam kaitannya dengan upaya kolektif untuk bangkit dari puing - puing kerusakan alam hayati.
Sebagai tambahannya disajikan pula esai perihal seni dan kerajinan menenun sebagaimana yang tercermin dari khasanah mitologis dalam kebudayaan Sunda, yang ditulis oleh Alit Djajasoebrata. Sementara sastrawan Ajip Rosidi meninjau sebuah buku karya Edwin Juriens. Selain itu disajikan pula transkripsi dan terjemahan atas naskah Sunda Kuna, Carita Ratu Pakuan, suntingan filolog Undang A. Darsa.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive