Tesis KIK :: Kembali ::

Konflik dan keteraturan sosial di pemukiman kumuh RW 04 Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Kodya Jakarta Selatan

No. Panggil : T2-99-001
Nama Orang : Aris Budiman
Subjek :
  1. PEMUKIMAN KUMUH-KONFLIK SOSIAL
Penerbitan : Jakarta : UI-KIK, 1999
Kode Bahasa : none
Catatan Bibliografi :
Deskripsi Fisik : 284 hlm.: 28 cm
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2-99-001 T2-99-001 TERSEDIA
 T2-99-001.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 36797
Tesis ini mengenai keteraturan sosial kehidupan orangorang miskin yang hidup di pemukiman kumuh dan sering terlibat dalam konflik berupa perkelahian massal.
Orang-orang miskin biasanya tinggal mengelompok dalam suatu pemukiman kumuh yang menggambarkan kualitas pemukiman yang jelek dan kurangnya fasilitas umum. Dalam pemukiman kumuh yang serba tertutup ini, orang-orang miskin tersebut mengembangkan budayanya sendiri yang kita kenal dengan kebudayaan kemiskinan sebagai pedoman mereka dalam menghadapi lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pedoman mana menjadi dasar bagi terbentuknya keteraturan sosial di pemukiman mereka.
Tetapi dalam segala keterbatasan ini, kadangkala pedomanpedoman tersebut tidak efektif dalam menghadapi lingkungannya karena kepentingan mereka yang kadangkala berbeda. Maka disinilah kadang muncul konflik diantara mereka.merupakan salah satu pemukiman kumuh yang sering terlibat dalam konflik. Konflik di pemukiman ini tidak hanya menimbulkan kerugian materil tetapi juga menimbulkan korban ji-wa yang justeru tidak terlibat dalam konflik tersebut. Konflik di pemukiman ini melibatkan dua kelompok RT yang saya sebutkan sebagai RT Tuyul dan RT Gemstas, mengambil nama dua kelompok remaja yang saling bertentangan di pemukiman
Konflik di pemukiman ini timbul karena akumulasi perMasalahan yang merupakan potensi bagi munculnya konflik.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive