Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Implementasi traffic police goes to campus dalam membangun disiplin berlalu lintas oleh Ditlantas Polda Metro Jaya

No. Panggil : 54-10-122
Nama Orang : Ardiyaningsih
Subjek :
  1. DISIPLIN BERLALU LINTAS-TRAFFIC POLICE GOES TO CAMPUS
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xiii, 121 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-122 54-10-122 TERSEDIA
 54-10-122.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35562
Sejalan dengan perkembangan masyarakat saat ini maka kebutuhan sarana dan prasarana transportasi guna mendukung mobilitas di berbagai bidang semakin meningkat. Hal tersebut memberi dampak positif antara lain.. dari aspek efisiensi waktu, namun disisi lain juga membawa dampak negatif yaitu timbulnya permasalahan permasalahan lalu lintas yang semakin kompleks.
Traffic Police Goes to Campus merupakan bagian kegiatan dari Road Safety yang mengajak kalangan kampus atau akademisi sebagai salah satu stakeholder untuk ikut berperan serta dalam menangani masalah lalu lintas. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan Traffic Police Goes to Campus Iebih pada upaya transfer dan transform pengetahuan disiplin berlalu lintas melalui aktivitas sosial, seminar, diskusi, kampanye keselamatan dan ceramah. Dengan demikian mahasiswa sebagai agen perubahan mampu menjadi motivator kesadaran berlalu lintas bagi masyarakat sekitarnya. Disamping itu kegiatan ini juga sebagai sarana membangun kepercayaan masyarakat (trust building) terhadap Polri.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Road Safety, Traffic Police Goes to Campus, Manajemen Perubahan, Teori Persepsi Sosial, analisa SWOT serta teori manajemen.
Penelitian ini difokuskan pada implementasi Traffic Police Goes to Campus oleh Ditlantas Polda Metrojaya. Permasalahan yang bahas dalam penelitian ini terdiri dari implementasi Traffic Police Goes to Campus, Traffic Police Goes to Campus dalam menumbuhkan dan mendukung disiplin berlalu lintas dan kepercayaan masyarakat serta faktor faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaannya.
Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa implementasi Traffic Police Goes to Campus ini telah menjadi media dalam transfer dan transform pengetahuan disiplin berlalu lintas sehingga mahasiswa sebagai sasaran dalam kegiatan ini menunjukan perubahan perilaku menuju pada tindakan disiplin berlalu lintas. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini berupa aktivitas sosial, seminar, diskusi, kampanye keselamatan dan ceramah yang dipandu oleh Pamen Ditlantas Polda Metrojaya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan kegiatan Traffic Police Goes to Campus perlu adanya komitmen seluruh anggota, melalui kegiatan tersebut telah terjadi perubahan perilaku dalam berlalu lintas dan dapat dijadikan sebagai sarana sosialisali dalam membangun kepercayaan masyarakat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat memberi pengaruh bagi optimalnya kegiatan tersebut.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive