Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Pelaksanaan tugas satuan induk PJR dalam menangani lakalantas di wilayah hukum Polda Sulteng

No. Panggil : 54-10-078
Nama Orang : M. Junaeddy Johnny
Subjek :
  1. LAKALANTAS-PENANGANAN-PJR
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xi, 93 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-078 54-10-078 TERSEDIA
 54-10-078.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35518
Masalah kecelakaan dan pelanggaran laid lintas, nemerlukan penan gulangan yang cepat, tepat dan juntas. Palri selaku aparat penegak hu surn, pellndung, pengayom dan pelayan masyarakat dalam pelaksanaan tugas -tugas operasianal guna rengnadapi permasala an-permasalahan di jalan raga dikedepankan PJR, baik secara mandiri maupun secara terpadu dengan fungs@ Kepolisian lainnya dan atau Satuan Ker ilayahan Lalu lintas adalah Rergerakan prang atau barang dengan atau tanpa alat angkut balk bermotor maupun tidak dalam sistem transpartasi. Selanjutnya sistem lalu lintas yaitu suatu bentuk susunan, rangkaian dan penataan pergerakan lalu lintas berikut fasilitas penunjang (tempat parkir, pemberhentian, tempat berjalan kaki, persimpangan, tempat berdagang dan sebagainya) dalam ;suatu jaringan prasarana lalu lintas (dalam hal ini jaringan jalan) berikut perlengkapannya (rambu-rambu, marka jalan, baton pemisah, lampu lalu lintas, penerangan jalan, pertamanan, saluran air) sesuai. dengan tata guna lahan, . peraturan, perundang-undangan dan kebijaksanaan lainnya.
Teori dan konsep yang digunakan adalah kecelakaan lalu lintas, Tindak Pidana Lalu Lintas Jalan, Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas, Penegakan hukum, Teori Manajemen, unsur-unsur manajemen, Konsep koordinasi, Tugas dan Fungsi PJR dan Kualitas Pelayanan Profesi. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dan metode penelitian menggunakan studi kasus.
Temuan, dalam melaksanakan tugas, kemampuan personil Sat Induk PJR Dit Lantas Polda Sulteng belum memenuhi standar, karena dalam perekrutan personil belum memenuhi harapan pimpinan sehingga anggota PJR belum mengerti sepenuhnya selain itu kemampuan personal sangat optimal walaupun masih banyak personal yang belum melaksanakan pendidikan kejuruan khususnya PJR namun secara garis besar personal sudah berpengalaman yang rata-rata 2 (dua) tahun sampai 10 (sepuluh) tahun di PJR. Satuan induk PJR Dit Lantas Polda Sulteng hanya melakukan tindakan pertama dada tempat kejadian perkara. Sementara Tersangka Wandi Karim secara tidak sengaja membuat korban !aka meninggal dunia maka is layak dihukum, pasal yang dikenakan 359 KUHP. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas Satuan Induk PJR dalam menangani !aka lantas adalah tingginya angka kecelakaan lalu lintas, karekteristik masyarakat dan geografi den aspek manajemen,
Saran, seyogyanya pimpinan dapat membuat prosedur tetap pelaksanaan tugas yang diberikan personal sehingga personal dapat melaksanakan tugas yang jelas dan dimengerti personal.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive