Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Implementasi penggalangan satuan Intelkam dalam upaya mewujudkan Pilkada aman di wilayah hukum Polres Tanah Laut

No. Panggil : 54-10-070
Nama Orang : Mohamad Yosa Hadi
Subjek :
  1. PILKADA AMAN-PENGGALANGAN SAT INTELKAM
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xiv, 90 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-070 54-10-070 TERSEDIA
 54-10-070.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35510
Pokok permasalahan_ dalam penulisan ini adalah "Bagaimana Implementasi Penggalangan Satuan Intelkam, Dalain Upaya Mewujudkan Pilkada Aman Di Wilk-um Pokes Tanah Laut?" Fokus pembahasan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mania pelaksanaan tugas penggalangan Satuan Intelkam Pokes Tanah Laut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas bagaimana pelaksanaan Pilkada Tala, tahapan pelaksanaan penggalangan oleh Satuan Intelkam Polres Tala serta faktor - faktor yang mempengaruhi upaya penggalangan yang dilakukan dalam mewujudkan Pilkada Tala yang aman.
Temuan penelitian menunjukkan pelaksanaan Pilkada Tala yang carat dengan berbagai permasalahan dan kerawanan, namun pada pelaksanaanya dapat berlangsung aman. Kerawanan tersebut disebabkan oleh perebutan pengusaan sumberdaya alam, konflik DPT, persaingan antar talon, pembelotan dari simpatisan PDIP serta adanya pihak - pihak yang menghendaki gagalnya Pilkada Tala. Guna mengantisipasi berbagai kerawanan tersebut Satuan Intelkam Pokes Tala melaksanakan upaya penggalangan melakui tokoh aganaa, tokoh masyarakat serta Bintara Polmas guna meminimalisir kerawanan - kerawanan tersebut. Dalam pelaksanaan upaya penggalangan sangat. dipengaruhi oleh fatkror - fator pendukung maupun penghambat bail( dari dalam maupun dari luar.
Analisis terhadap ternuan bahwa penggalangan yang dilakukan Satuan Intelkam sesuai prosedur menunjukkan telah memberikan dampak yang cukup signifikan, meskipun dalam pelaksanaanya belum dapat berjalan secara optimal. Hal ini sangat dipengaruhi oleh sumberdaya yang dimiliki oleh Satuan Intelkam yang masih terbatas balk kemarnpuan dalam berkomunikasi, keterbatasan jaringan, keraguan dalam penggunaan anggaran maupun kemampuan dalam bidang tugas penggalangan yang harus diemban. Sementara ada berbagai ancaman yang cukup kuat yang harus dihadapi. Dengan adanya berbagai keterbatasan guna menghadapi tantangan dan ancaman yang dihadapi menyebabkan upaya penggalangan yang dilakukan belum mendapatkan basil yang optimal. Namun di sisi lain ada faktor - faktor pendorang yang mendukung dalam pelaksanaan tugas penggalangan seperti komitmen dari para personil pelaksana, dukungan dari pimpinan, dukungan dari pare tokoh, serta kearifan budaya lokal yang masih menjunjung tinggi norma dan etika sehingga dapat mendukung terciptanya Pilkada Tala yang aman.
Sebagai saran dalam imlementasi penggalangan oleh Satuan Intelkam Pokes Tala agar Satuan Intelkam membuat perencanaan penggalangan secara lengkap dan terpadu, pengawasan dan pengendalian secara melekat, rnenarbah jaringan informasi di setiap segmen kehidupan masyarakat, meningkatkan kemampuan personil dengan mengikutsertakan dalam pendidikan dan kejuruari serta menibuat sistem pertanggungjawaban mate anggaran yang jelas sehingga basil yang dicapai dapat lebih optimal. Selain itu apa yang menjadi faktor - faktor pendukung agar dim ken dan ditingkatkan. Dengan memadukan berbagai perbaikan dan masulcan yang ada diharapkan pelaksanaan penggalangan dalam mendukung tugas - tugas Intelijen khususnya dan Tugas Kepolisian pada umumnya dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dapat lebih optimal.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive