Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Peran Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba di wilayah hukum Polsek Metro Kebon Jeruk

No. Panggil : 54-10-057
Nama Orang : Siti Yuliati
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xiii, 87 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-057 54-10-057 TERSEDIA
 54-10-057.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35497
Peran Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Wifayah
Hukum Polsek Metro Kebon Jeruk Siti Yuliati
7003
Masaiah = peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan masalah bersama dan upaya pencegahannya diperlukan kerjasama antara pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat. Paradigma bare Polri berupa program Polmas yang diwujudkan dalam bentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat {FKPM} yang pads intinya memberdayakanmasyarakat untuk berperan secara aktif dalam menciptakan Kamtibmas dipandang sangat periu.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Sejauhmana Efektifrtas Peran FKPM Sebagai Lembaga Operasional Polmas dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Wifayah Hukum Polsek Metro Kebon Jeruk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian field research. Teori dan konsep yang digunakan adalah Teori Reintegrative Shaming, Teori Manajemen, Teori Social Bond, Konsep Peran, Konsep Polmas, FKPM, Konsep Komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penelaahan dokumen.
Hasil temuan dart penelitian ini adalah program Polmas telah dilaksanakan di wilayah Polsek Metro Kebon Jeruk dengan dibentuknya FKPM dari tingkat kelurahan sampai tingkat RW. FKPM yang telah terbentuk masih bersifat formalitas saja. Kegiatan FKPM dalam memelihara Kamtibmas khususnya penanggulangan Narkoba di wilayah hukum Polsek Metro Kebon Jeruk belum terlihat keberhasilannya. Selain FKPM, organisasi mitra Polri yang aktif dalam pemeliharaan Kamtibmas adalah Citra Bhayangkara. Belum efektifnya pelaksanaan Polmas di wilayah hukum Polsek Metro Kebon Jeruk dikarenakan balk petugas Polmas sendiri maupun FKPM sebagai mitra Polri belum dapat menjalankan perannya dengan baik, sehingga kegiatan-kegiatan riil atau nyata dalam rangka penanggulangan Narkoba tidak terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Peran FKPM dapat dikaji melalui aspek manajerial dan aspek sosiologis.
Saran dari hasil penelitian ini adalah perlu terus dilakukan sosialisasi Polmas terhadap petugas Polmas dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), tingkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas Polmas dalam rangka menghadapi masyarakat yang semakin kritis, ditingkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam memelihara Kamtibmas, tingkatkan pemahaman seluruh anggota FKPM akan tugas pokok, fungsi dan peranannya, jaga hubungan yang balk dengan organisasi mitre Polri yang dapat membantu tugas Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas, lakukan evaluasi terhadap kinerja FKPM sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan atau kegagalannya guna dilakukan upaya perbaikan.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive