Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Pengaruh kepemimpinan transformasional pengasuh terhadap prestasi akademis Taruna Akpol sumber sarjana

No. Panggil : 54-10-051
Nama Orang : Ronny Riantoko Eppang
Subjek :
  1. PRESTASI AKADEMIS-TARUNA AKPOL SARJANA-KEPEMIMPINAN
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xii, 107 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-051 54-10-051 TERSEDIA
54-10-051 11111 TERSEDIA
 54-10-051.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35491
Pengaruh.Kepemirnpinan Transformasional Pengasuh Terhadap Prestasi Akademis Taruna Akpol Sumber Sarjana.
Narna Mahasiswa Ronny Riantoko Eppang
Nomor Mahasiswa 7010 Isi Abstrak
Perubahan demi perubahan terus berjalan di negara kita, dan sudah menjadi togas Polri untuk melihat bahwa perubahan tersebut juga mengharuskan Polri juga hams berubah. Perubahan ini hams dimulai sejak awal yaitu pada saat seorang anggota Polri tersebut di bentuk menjadi anggota Polri. Akpol meresponnya dengan melakukan perubahan besarbesaran dengan merubah metode pendidikan maupun input sumber daya manusia yang akan menjalani pendidikan di Akpol. Salalr satu perubahan dalam pemasukan Sumber daya manusia adalah melakukan penerimaan terhadap para lulusan sarjana bail( S-I dan S-2_ Para lulusan sarjana ini diharapkan merniliki kemampuan akademis yang balk, namun pada kenyataannya basil yang dicapai tidak bisa mengikuti harapan yang ada. Sehingga disini peran pengasuh dalam melakukan pembinaan terhadap taruna lewat gaya kepemimpinannya juga hams mendapat perubahan agar mampu mengikuti kehendak dari perubahan tersebut. Penelitian dilakukan untuk menawarkan gaya kepemimpinan Transformasional yang dilakukan oleh pengasuh sehingga akan memberikan dampak terhadap prestasi akadernis taruna Akpol sumber sarjana.
Teori Kepernimpinan Transformasional dari McGregor Burns yang kemudian di kembangkan oleh Bass dan Avolio, terdiri dari 4 (ernpat) dimensi kepemimpinan sebagai varibel bebas (X) sedangkan prestasi akadernis sebagai variabel terikat (Y) dengan indikator merupakan nilai IPK taruna.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey untuk kepernimpinan transformasional pengasuh. Sampel yang diambil sebanyak 227 taruna. Analisa data dengan menggunakan statistik meliputi uji validitas (menggunakan rumus KoejFisien Korelasi Pearson), uji realibilitas (menggunakan rumus Alpa Cronbach's) dilanjutkan analisis korelasi dengan rumus Pearson Product Moment) dan analisis regr-esi linier berganda yang diyakinkan dengan analisis jalur.
Hasil analisa didapat bahwa kepemimpinan transformasional pengasuh dengan variabel prestasi akadernis taruna sumber sarjana rnempunyai hubungan yang positif dan tingkat hubungannya tergolong sedang. Hal ini dapat dilihat dari basil penelitian yang telah dilakukan dan diolah dengan uji korelasi bahwa nilai koefisien korelasi (R) rnenunjukkan nilai sebesar 0,568.
Seluruh variabel bila digabung secara bersarna-sanaa akan memberikan pengaruh yang signifikan, namun bila berdiri sendiri maka hanya sub-variabel Intellectual Stimulation yang signifikan dengan variabel terikat. Hasil ini juga dipertegas dengan menggunakan analisis jalur.
Sehingga saran yang diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk melihat pengaruh dari variabel-variabel lain di luar kepemimpinan dari pengasuh, serta peneliti menyarankan agar poly pengasuhan terhadap taruna Akpol sumber sarjana dilakukan dengan pendekatan dengan Intellectual Stimulation.
xn
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive