Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Pengaruh aspek Asta Graha terhadap rasa aman masyarakat Kecamatan Kertak Hanyar

No. Panggil : 54-10-017
Nama Orang : Andik Gunawan
Subjek :
  1. KEAMANAN MASYARAKAT-ASTA GATRA
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xvi, 171 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-017 54-10-017 TERSEDIA
 54-10-017.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35457
Dalam perumusankebijakan Pain, sering dilupakan.aspek asta gatra yang ada dalam masyarakat. Polri terjerumus dalam hat yang monoton yaitu selalu pada aspek.yuridis formal. Model Asta Gatra merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya. yang . berlangsung diatas bumi . dgn._ memanfaatkan segala kekayaan alam. Terdiri 8 aspek kehidupan nasional :
I). Tiga aspek (tri gatra) kehidupan alamiah, yaitu :
a). Gatra Ietak dan kedudukan geografi
b). Gatra keadaan dan kekayaan alam
c). Gatra keadaan dan kemampuan penduduk
2). Lima aspek (panca gatra) kehidupan social, yaitu :
a). Gatra ideologi
b). Gatra Politik
c). Gatra ekonomi
d). Gatra sosial budaya
e). Gatra pertahanan dan keamanan.
Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah "seberapa jauh pengaruh aspek asta gatra terhadap rasa aman?". Sedangkan fokus pembahasan dari skripsi ini adalah berapa besar delapan aspek asta gatra mempengaruhi rasa aman masyarakat kecamatan Kertak Hanyar. Pada skripsi ini, penulis sengaja tidak memasukkan lagi masalah Ideologi.
Ideologi yang sering menjadi masalah di Indonesia adalah masalah diskriminasi mantan anggota PKI yang semenjak era orde baru mendapatkan perlakuan diskriminatif dari pemerintah. Namun pada awal era reformasi, kebijakan ini pun dihilangkan secara total sehingga aspek ideologi tidak lagi relevan untuk dibahas.
Kepustakaan penelitian menggunakan basil penelitian oleh Zainal Fatah, mahasiswa PTIK ankatan XX. Kepustakaan konseptual menggunakan teori Durkheim, Feminisme, Hubungan antarkelompok, Civil Society, Stratifikasi sosial, dan Teori Konflik
Pendekatan pada skripsi ini adaiah kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data survey dengan instrumen kuisioner. Unit analisis dan unit observasi masyarakat Kecamatan Kertak Hanyar, observasi daerah dan pemeriksaan dokumen.
Dalam melaksanakan pencegahan kejahatan ini, Poiri hares mengambil kebijakan berdasarkan berbagai aspek pertimbangan. Identifikasi aspek yang menjadi bahan pertimbangan bagi Polri adalah aspek "Asia Gatra". Model Astagatra merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung diatas bumi dgn memanfaatkan segala kekayaan alam.
Hasil temuan dari penelitian adalah bahwa sebagian dari aspek asta gatra tidak mempunyal pengaruh yang signifikan pada rasa aman masyarakat Kecamatan Kertak Hanyar. Sedangkan sebagian lagi mempunyal pengaruh yang signifikan.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive