Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Pemanfaatan data elektronik dalam penyidikan tindak pidana (studi kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen)

No. Panggil : 54-10-002
Nama Orang : Agung Yudha Adhi Nugroho
Subjek :
  1. PENYIDIKAN TINDAK PIDANA-DATA ELEKTRONIK-PEMBUNUHAN NASRUDIN ZULKARNAEN
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2010
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xv, 135 hlm.: 29 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
54-10-002 54-10-002 TERSEDIA
 54-10-002.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35442
Pemanfaatan Data Elektronik Dalam Penyidikan Ti dak Pidana (Studi Kasus Pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen)
Nara Mahasiswa Agung Yudha Adhi Nugraha, SH, MK No. Mahasiswa 6801.
lsi Abstrak
Skripsiini membahas mengenai keberadaan dan peranan data elektronik kemudian bagaimana Cara niemanfaatkan data elektronik tersebut dalam penyidikan tindak pidana pembunuhan dengan korban Nasruddin Zulkarnaen serta faktor faktor yang mempengaruhi dalam penyidikan sehingga dengan data elektronik . tersebut dapat mengungkap pelaku yang disebut sebagai eksekutor dan otak pelaku (uitlakker). Inilah kemudian yang meiatarbelakangi penulis melakukan penelitian terhadap pemanfaatan data elektronik dalam penyidikan tindak pidana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iangkah-langkah yang telah dilakukan oleh penyidik Sat III Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, terutama dalam mengungkap keberadaan dan peranan data elektronik serta pemanfaatan dalam penyidikan tindak pidana pembunuhan. Kemudian faktorfaktor yang dapat mempengaruhi penyidikan dalam menghadapi pelaku dan otak pelaku yang bekerja dan menjadi pimpinan dalam suatu institusi hukum.Didukung dengan teori manajemen, teori pembuktian dan konsep tentang data elektronik serta konsep penyidikan.
Dalam pembahasan skripsi ini, fenomena yang ada pada latar belakang masalah akan dipadukan dengan kepustakaan penelitian dan kepustakaan konseptual serta kerangka berpikir yang dikembangkan. Untuk mendapatkan data di lapangan, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Cara yang digunakan untuk melakukan penelitian kualitatif adalah dengan melakukan observasi (pengamatan), wawancara serta penelitian dokumen. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 Desember s/d 3 Januari 2010.
Dapat disimpulkan, Pemahaman penyidik Sat Ill Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya tentang data elektronik tentang keberadaan, peranan dan pemanfaatannya hares diacungi jempol karena dalam keterbatasan alai bantu yang berbasis teknologi mereka mampu mengatasi dengan koordinasi dengan satuan atas dalam hal ini babes Pohl dan Penyedia Jasa Telekomunikasi (PJT)/Provider. Namun dengan terbentuknya tim IT yang hanya 4 prang bisa membuat ekseklusivisme dalam Sat III Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya. Faktor lain yang dapat mempengaruhi sikap penyidik dalam penyidikan adalah keterangan-keterangan dari pengacara baik di media cetak maupun elektronik, sehingga dapat membuat masyarakat beropini.
Saran penulis, kedepan agar penyidik lebih "meleks' dalam teknologi sehingga mampu melihat keberadaan, peranan dan pemanfaatan data elektronik dalam penyidikan, hal tersebut tentunya hares didukug olel~ atasan penyidik yang tentunya paham akan teknologi yang dimanfaatkan dalam penyidikan. Sehingga penulis berkesimpulan supremasi teknologi sangat berperan dalam penyidikan tindak pidana guna mendukung supremasi hukum.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive