Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Kecelakaan lalu lintas tabrak belakang di jalur pantura dan uapaya pencegahannya oleh satlantas Polres Indramayu

No. Panggil : 53-09-064
Nama Orang : Doni Hermawan
Subjek :
  1. JALUR PANTURA-KECELAKAAN LALU LINTAS
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2009
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xiv, 67 hlm.: 30 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
53-09-064 53-09-064 TERSEDIA
 53-09-064.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35080
Penelitian dimaksudkan untuk melihat dan menjelaskan bagaimana latarbelakang terjadinya kecelakaan lalu lintas tabrak belakang di jalur pantura lndramayu dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Indramayu. Upaya pencegahan ini disesuaikan dengan tugas pokok Polri secara umum sebagaimana tercantum dalam pasal 13 UU No.2 Tahun 2002 sebagai pemelihara kamtibmas, pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat serta sepenegak hukum. Secara khusus tugas Polri sesuai amanat UU No_14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang diemban oleh Satuan Fungsi Lalu Lintas yang salah sate diantaranya sebagai penyelenggara keamanan, keselamatan dan kelancaran di jalan. Pemilihan penelitian ini dilandasi oleh semakin mengkhawatirkannya tingkat kecelakaan di jalan, dimana setiap had, jam, bahkan menit terjadi kecelakaan lalu lintas terjadi. Dimana akibat dari kecelakaan lalu lintas tersebut menimbulkan dampak yang besar, mulai dari jumlah korban yang meninggal, cacat, luka-luka, dan kerugian secara materi yang tidak sedikit.
Menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengamatan dan wawancara mendalam yang tidak tersruktur untuk mendapatkan data primer. Data sekunder diperoleh dengan studi kepustakaan dan pengumpulan hardcopy dari Satlantas Polres lndramayu serta data lain dari instansi dan dinas terkait. Analisis data ini berpedoman kepada permasalahan penelitian yaitu tentang sebab-sebab terjadinya kecelakaan tabrak belakang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta upaya yang dilakukan oleh Satlantas Polres lndramayu dalam melakukan pencegahan terjadinya [aka lantas tabrak belakang di jalur pantura.
Dalam pelaksanaan penelitian terdapat berbagai temuan yang antara lain adanya kontradiktif antara perbaikan infrastruktur jalan dan faktor penyebab kecelakaan, dimana dengan tujuan untuk mengatasi kemacetan melalui perbaikan dan pelebaran jalan mengakibatkan adanya resiko baru terjadinya kecelakaan. Selain itu ditemukan subfaktor manusia yang berupa penyaluran hasrat seks yang memberikan konstribusi akan terjadinya kecelakaan. Disamping itu upaya yang dilakukan oleh Satlantas belum optimal dan tidak adanya koordinasi antar instansi terkait. Analisi data ini difungsikan untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan penelitian berupa kesimpulan dan saran atau rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan kinerja pads fungsi Lalu Lintas. Sebagai nilai tambah bagi Polres lndramayu khususnya Satlantas Polres lndramayu dalam menyelenggarakan pelayanan keamanan dan keselamatan pemakai jalan demi terwujudnya zero accident di jalan.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive