Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Implementasi Quick Wins pada penerbitan STNK di Polres Mojokerto

No. Panggil : 53-09-028
Nama Orang : Didik Subiyakto
Subjek :
  1. PENERBITAN STNK-IMPLEMENTASI QUICK WINS
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2009
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xi, 90 hlm.: ilus.: 30 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
53-09-028 53-09-028 TERSEDIA
 53-09-028.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 35044
Satuan lalu lintas mempunyai tugas pokok penegakkan hukum dan pengaturan serta pengawalan lalu lintas kepada masyarakat. Pada transparansi pelayanan maka yang harus menjadi ujung tombak adalah pelayanan dalarn penerbitan dan pengesahan SIM, STNK, BPKB, telah dibuat standar operasional prosedur (SOP). Pembuatan SOP ini dinilai penting karena disinilah dasar yang akan dicapai dalam rangka mengukur keberhasilan pelaksanaan program "quick wins". Pada pengesahan STNK kendaraan bermotor dimaksudkan untuk kepentingan pelayanan masyarakat dan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penyelidikan dan penyidikan pada kasus pelanggaran dan kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Harapan masyarakat terhadap pelayanan pengesahan STNK adalah tidak berbelit-belitlsederhana ramah tamah/sopan santun, tidak melakukan pungutan liar dan tidak ada percaloan. Melihat harapan masyarakat tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap kinerja Satuan Lalu Lintas Polres Mojokerto
Penulis menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingga penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan informasi yang tepat terhadap permasalahan yang diteliti. Penulis dalam melakukan pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan pemeriksaan dokumen. Dari hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya penulis melakukan analisa untuk memperoleh kesimpulan adanya harapan masyarakat terhadap kinerja lalu lintas pada pengesahan STNK di Polres Mojokerto.
Dad hasil penelitian yang dilakukan Penulis, ditemukan bahwa sikap ramah dan sopan santun cukup balk dalam pelaksanaan pelayanan pengesahan STNK dan efektif serta efisiensinya sistem pelayanan drive trhu terhadap pelayanan pengesahan STNK karena waktu yang diperlukan dalam proses tersebut lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan sistem konvensional atau manual.
Berdasarkan temuan dalam pembahasan penulis menulis beberapa saran agar pelayanan polri dalam bidang lalu lintas dapat berjalan yaitu, perlunya sarana pendukung lebih untuk melayani layanan pengesahan STNK dengan menggunakan drive thru. Hal tersebut penting dilakukan seiring berkembangnya teknologi yang semakin produktif.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive