Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Efektivitas patroli satuan samapta dlam pencegahan tindak pidana dipolres baranghari

No. Panggil : 52-09-025
Nama Orang : Wahyudi
Subjek :
  1. TINDAK PIDANA-PENCEGAHAN
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2009
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : viii, 107 hal.: 28 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
52-09-025 52-09-025 TERSEDIA
 52-09-025.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 34923
Satuan Samapta merupakan tulang punggung pelayanan dan pelaksana garis depan operasional Kepolisian dalam upaya mencegah segala bentuk kejahatan maupun timbulnya berbagai pelanggaran hukum. Untuk mencegah timbulnya aksi-aksi kejahatan di lingkungan kehidupan masyarakat dan untuk kelancaran aktivitas masyarakat sehari-hari, maka kehadiran Satuan Samapta melalui kegiatan patroli sangat didambakan oteh masyarakat, guna terciptanya kondisi Iiingkungan masyarakat yang kondusif dari aspek keamanan dan ketertiban masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman yang mendalam tentang efektivitas patroli dan perilaku personil patron Satuan Samapta dalam pencegahan tindak pidana di Polres Batanghari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field Research, yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi atau data tentang sesuatu peristiwa yang sudah terjadi, yaitu pelaksanaan patroli Satuan Samapta Polres Batanghari. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan Iamanya dari awal pengajuan judul hingga penyerahan skripsi. Hasil temuan penelitian dilapangan mengindikasikan bahwa pelaksanaan patroli Satuan Samapta belum berjalan efektif dalam pencegahan tindak pidana di wiiayah Polres Batanghari. Hal itu ditergambar dari jumlah petugas Satuan Samapta balk kualitas maupun kuantitas dan ketersediaan sarana dan prasarana kendaraan dinas operasional belum seimbang dengan karakteristik wilayah. Selanjutnya aspek manajemen dalam pelaksanaan kegiatan patroli belum diterapkan secara baik. Hal lain pula, ditemukan adanya perilaku penyimpangan dari oknum satuan Samapta dalam pelaksanaan tugas patroli, yang sering memberikan perlindungan keamanan kepada oknum masyarakat dalam menjalankan usaha perekonomian yang melanggar hukum, namon harus memberikan kontraprestasi kembali atas jasa pelayanan yang diberikannya.
Agar pelaksanaan patroli lebih efektif dalam pencegahan tindak pidana, maka disarankan perlunya peningkatan dan pengembangan profesi petugas patroli meialui berbagai Dikbang Pohl, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana patroli guna terwujudnya efektivitas pelaksanaan patroli.
Selanjutnya, dikemukakan bahwa penelitian ini masih merniliki kekurangan, maka diharapkan bagi peneliti-peniliti yang akan datang untuk dapat mengkaji pelaksanaan patroli satuan samapta pada aspek lain seperti fungsi Polmas sehingga dapat memperkaya referensi Satuan Samapta dalam pelaksanaan kegiatan patroli yang semakin efektif.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive