Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Implementasi pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor pada Satreskrim Polres Muara Enim Sumatera Selatan

No. Panggil : 51-08-154
Nama Orang : Pratomo Widodo
Subjek :
  1. CURANMOR-PENANGANAN-POLRES MUARA ENIM SUMSEL
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2008
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xii, 135 hlm.: 30 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
51-08-154 51-08-154 TERSEDIA
 51-08-154.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 34894
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor, mendiskripsikan implementasi pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor oleh Sat Reskrim Polres Muara Enim dan menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi implementasi pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor oleh Sat Reskrim Polres Muara Enim.
Lokasi penelitian dalam skripsi ini adalah Polres Muara Enim Sumatera Selatan dengan permasalahan yang dibahas adalah bagaimana implementasi pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor pada Satreskrim Polres Muara Enim dalam memberikan pelayanan penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam menggumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen/literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan fakta-fakta itu pads tahap awal tertuju pada usaha mengemukakan gejala-gejala secara lengkap di dalam aspek yang diselidiki, agar jelas keadaannya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober sampai dengan 12 Nopember 2008.
Penelitian didasarkan pada konsep pengawasan dan pengendalian, konsep kualitas pelayanan, teori manajemen, teori kualitas pelayanan, dan teori peran kepemimpinan. Teori dan konsep tersebut digunakan untuk melakukan analisis terhadap implementasi pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan penanganan Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor pada Satreskrim Polres Muara Enim Sumatera Selatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan petugas Satreskim masih kurang dalam melayani pengungkapan kasus curanmor, metode dalam penanganan kasus curanmor adalah pengawasan dan pengendalian administrasi penyidikan kasus curanmor, pengawasan dan pengendalian Iangsung di lapangan, pemberian arahan dan petunjuk serta analisis dan evaluasi. faktor internal yang mempengaruhi implementasi pengawasan dan pengendalian adalah faktor sumber daya manusia, anggota dan kompetensi pemimpin. Sedangkan faktor eksternal adalah tidak adanya tuntutan masyarakat dan modus operandi curanmor yang semakin balk .
Saran dalam penulisan ini yaitu untuk penyelidikan dalam rangka pelayanan pengungkapan kasus agar dibentuk tim khusus beranggotan orang yang handal. Sebaiknya Kapoires memberikan pelatihan kepada anggota Satreskrim tentang caracara melayani masyarakat dengan balk, dan unsur pimpinan dari setiap jenjang kepemimpinan melakukan pengawasan dan pengendalian dengan cara melakukan evaluasi dan pendataan hasil temuan barang bukti kendaraan bermotor maupun kasus yang terjadi untuk memudahkan mengetahui asal usul kendaraan bermotor.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive