Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Kinerja Satuan lalu lintas Polres Metro Depok dalam pelayanan pengaturan kemacetan lalu lintas di kotamadya Depok

No. Panggil : 51-08-100
Nama Orang : Wiraga Dimas Tama
Subjek :
  1. PENGATURAN LALU LINTAS-POLRESTRO DEPOK
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2008
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xii, 93 hlm.: 30 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
51-08-100 51-08-100 TERSEDIA
 51-08-100.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 34840
Salah satu tugas dalam bidang pelayanan masyarakat adalah pengaturan lalu lintas. Seperti kita ketahui situasi dan kondisi lalu limas dewasa ini umumnya merupakan hasil dari ketidak seimbangan pembangunan wilayah dan social, Masalah yang paling rumit saat ini adalah masalah kemacetan jalan seperti yang terjadi di kotamadya Depok. Masalah kemacetan lalu lintas ini akan tetap menjadi titik paling krusial bagi penduduk Depok, saat ini maupun kemudian hari. Selebar berapa pun Jl Margonda sebagai jalan utama, tidak akan mampu memberi kelancaran lalu lintas. Soalnya, di sepanjang jalan ini telah tumbuh pusat bisnis, baik itu swalayan, mal, bengkel dan rumah makan lainnya. Satuan Lalu lintas Polres Metro Depok dalam kinerjanya memiliki fungsi untuk menangani berbagal masalah pada bidang lalu lintas, yang diantaranya masalah kecelakaan,kelancaran lalu lintas di jalan raya temasuk didalamnya adalah kemacetan lalu lintas.
Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengetahui sejauh mana kinerja Satlantas Polrestro Depok dalam pengaturan kemacetan Lalu lintas tersebut dan faktor pendukung serta penghambat yang ada. Disini penulis menggunakan tiga macam teori dalam mengupas masalah ini yang meliputi : teori manajeman, teori pelayanan dan teori peran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif . Dalam pengumpulan data-data dalam penelitian ini, penulis melakukan tehnik wawancara dan kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada sumber informasi yang terdiri dari Kapolres Metro Depok, Kasat Lantas Polrestro Depok, Kanit Patroli, Anggota Gatur Lantas dan masyarakat pengguna jalan raya di depok.
Temuan penelitian menggambarkan bahwa kinerja yang dilakukan oleh Satlantas Polrestro Depok dalam pelayanan pengaturan kemacetan Lalu lintas di kotamadya Depok secara keseluruhan secara keseluruhan sudah cukup balk, walaupun ada beberapa kekurangankekurangan kecil yang mana pada dasamya tidak begitu mengganggu jalannya kegiatan. Selain itu terdapat adanya faktor pendukung yang terdiri dari aturan yang berlaku, Sumber Daya Manusianya dan faktor pendukung dari luar instansi Polri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor Personal Satlantas, Sarana dan prasarana serta adanya koordinasi denganluar polri .
Saran yang diberikan penulis dalam penulisan skripsi ini adalah peningatan profesionalisme personal lantas dalam pelaksanaan tugasnya melalui pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta penambahan personal lantas serta peningkatan kesejahteraannya.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive