Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Pelayanan dikmas lantas dalam memelihara keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas Satlantas Polres Buleleng

No. Panggil : 51-08-069
Nama Orang : Michael R. Risakotta
Subjek :
  1. KAMTIBMAS-PELAYANAN DIKMAS LANTAS BULELENG
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2008
Bahasa : none
Deksipsi Fisik : xii, 65 hlm.: 30 cm
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
51-08-069 51-08-069 TERSEDIA
 51-08-069.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 34809
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Oktober -11 Nopember 2008. Lokasi penelitian adalah wilayah hukum Polres Buleleng Polda Bali. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengamatan di lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara tidak terstruktur ( indenth interview ), studi kepustakaan, dan pengamatan di lapangan (field research).
Maksud penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan Dikmas Lantas dalam mengelola dan menangani masalah lalu lintas, yang dalam hal ini penelitian memilih lokasi di Buleleng. Sedangkan, maksud utama penelitian adalah sebagai bahan bagi penyelesaian masalah pendidikan dalam berlalu lintas, khususnya yang dilakukan oleh masyarakat. Masalah yang berkenaan dengan Dikmas Lantas di Sat Lantas Polres Buleleng tersebut, antara lain berkenaan dengan tugas-tugas pokok, peran anggota dalam pelaksanaan kegiatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta tanggapan masyarakat tentang Dikmas Lantas.
Dengan memperhatikan maksud dan masa;lah penelitian tersebut maka tujuan penulisan adalah untuk memberikan gambaran tentang pentingnya pelayanan Dikmas Lantas kepada masyarakat di Kabupaten Buleleng dalam pemeliharaan Kamseltibcar Lantas. Bila tujuan penulisan ini dapat tercapai maka manfaat yang dapat dipetik, antara lain merupakan masukan bagi Dikmas Lantas pda Polres lain, dan berguna bagi ilmu pengetahuan.
Hasil temuan menunjukkan berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Dikmas Lantas sesuai dengan tugas-tugas pokok yang melekat pada unitnya. Namun sejauh mana keberhasilan tugas tersebut, secara terjabar dalam rencana kegiatan atau pun pelaksanaannya akan selalu menuju pada kondisi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar. Dalam hal ini kondisi lalin akan ditentukan secara langsung oleh pengguna jalan yang disebut sebagai masyarakat.
Mengingat adanya situasi eksternal (utamanya, karakteristk pengguna jalan dan budaya lingkungan ) yang berbeda-beda, serta situasi internal Dikmas Lantas yang tidak sama maka penelitian di Buleleng ini merupakan hal yang ideal bagi prasyarat yang serupa. Salah satu ukuran bagi situasi keberhasilan tersebut adalah adanya tanggapan yang signifikan dari masyarakat, baik terstruktur atau pun tidak terstruktur tentang manfaat pendidikan yang diberikan serta berubahnya tingkat kepatuhan terhadap tata cara berlalu lintas.
Pembahasan pada penelitian ini membuktikan bahwa ditemui beberapa keunggulan Dimas Lantas di Satlantas Polres Buleleng meskipun terdapat beberapa kekurangan kondisi yang secara ideal harus terpenuhi. Karakteristik yang dapat mengatasi hal tersbut adalah adanya pelaksanaan tugas yang efektif sesuai dengan tugas pokok yang diberikan oleh institusi.
Analisis penelitian ini telah mendapatkan jawaban atas permasalahan yang terumis di atas, yang antara lain adanya dikmas lantas akan berhasil dengan baik bila disertai oleh niat dari masyarakat (khususnya yang terstruktur). dan disertai oleh penegakan hukum yang efektif.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive