Skripsi STIK-PTIK :: Kembali ::

Implementasi Pelayanan Polantas pelaksanaan ujian pengemudi yang berpotensi untuk mencegah terjadinya kecelakaan lantas di Wil Poltabes Denpasar

No. Panggil : 51-08-037
Nama Orang : Dony Bramanto
Subjek :
  1. LANTAS-PELAYANAN
Penerbitan : Jakarta : PTIK, 2008
Bahasa : none
Deksipsi Fisik :
Catatan Umum :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
51-08-037 51-08-037 TERSEDIA
 51-08-037.pdf
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 34777
Penelitian dilaksanakan di wilayah Poltabes Denpasar, yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober hingga 12 Nopember 2008. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah menyangkut bagaimana implementasi pelayanan polantas dalam pelaksanaan ujian mengemudi yang berpotensi untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah Poltabes Denpasar. Penulis menyusun rumusan permasalahan berupa bagaimana situasi lalu lintas yang terjadi di wilayah Poltabes Denpasar, implementasi pelayanan Polantas dalam pelaksanaan ujian mengemudi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan dalam pelaksanaan ujian mengemudi.
Tinjauan kepustakaan yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari dua jenis kepustakaan yaitu kepustakaan penelitian yang diambil dari penelitian Dani Ruswoyo (2007) dengan judul "Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Surat Ijin Mengemudi ( SIM ) oleh Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon" dan penelitian Baharuddin Muhammad Syah (2002) dengan judul "Pengaruh Profesionalisme Aparat Polri Terhadap Produktifitas Pelayanan Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) di Kantor Samsat Yogyakarta." Sedangkan kepustaan konseptual yang digunakan adalah Teori Manajemen, Teori Pelayanan, Konsep Profesionalisme Polri, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelayanan serta Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor-faktor Penyebabnya.
Penulisan Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Field Reseacrh. Sumber data didapat dari para informan yaitu petugas Polantas di Poltabes Denpasar dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan sesuai dengan karakter data/informasi yang diperoleh.
Kesimpulan yang didapat penulis dalam penulisan skripsi ini yaiu :Implementasi pelayanan dalam pelaksanaan ujian mengemudi di Poltabes Denpasar selama ini telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Pelayanan petugas Satlantas Poltabes Denpasar dalam pelaksanaan mengemudi terhadap pemohon SIM selama ini dinalai cukup baik, baik buruknya pelayanan dalam pelaksanaan ujian mengemudi di Poltabes Denpasar dipengaruhi beberapa faktor yang dipandang dominan. Dari lingkungan faktor internal, pengaruhnya adalah petugas, sarana dan prasarana serta prosedur kerja. Sedang pengaruh dari lingkungan eksternal adalah karakteristik pemohon yang meliputi jumlah, pemahaman serta upaya membandingkan dengan daerah lain. Faktor ekstenal lainnya adalah baik buruknya koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait dalam pelaksanaan ujian mengemudi.

:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive