Buku :: Kembali ::

Profesi dan kekuasaan : merosotnya peran kaum profesional dalam masyarakat / Terence J. Johnson ; penerjemah, Wilandari Supardan ; editor, Rocky Gerung

No. Panggil : 305.55
Nama Orang : Johnson, Terence J.
Nama Orang Tambahan :
Subjek :
  1. ASPEK-SOSIOLOGIS
Penerbitan : Jakarta : Pustaka Utama Grafiti, 1991
Bahasa : Indonesia
ISBN : 979-444-115-5
Edisi :
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
305.55 01-10-04516 TERSEDIA
305.55 01-10-04524 TERSEDIA
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20601
Pertumbuhan profesi, dan demikian juga kaum profesional, merupakan fakta penting yang menyertai sistem modern. Suatu masyarakat yang melancarkan industrialisasi, kata seorang sosiolog terkemuka, adalah masyarakat yang menjalankan profesionalisasi. Profesi, karenanya, memperoleh kedudukan istimewa dalam kehidupan masyarakat. Kepadanya seringa dilekatkan atribut-atribut yang sarat nilai, aeperti memberi pelayanan altruistik dan memiliki otonomi. Kaum profesional malah kerap ditunjuk sebagai pelopor dan pengawal demokrasi.
Terence J. Johnson menganggap semua atribut itu sekadar mitos. Dengan mengajukan kerangka analisis sebagai alternatif terhadap pendekatan lama--teori ciri dan teori fungsional--- ia sebaliknya menunjukkan bahwa alat eksploitatif. Di bawah kondisi sekarang, profesionalisme telah mengalami kemerosotan, kata Johnson, yang bekerja sebagai peneliti tamu pada Institute of Commonwealth Studies, Universitas London.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive