Buku :: Kembali ::

Indonesia dalam kancah isu lingkungan global / Otto Soemarwoto

No. Panggil : 304.209.598
Nama Orang : Otto Soemarwoto
Subjek :
  1. EKOLOGI MANUSIA
Penerbitan : Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1991
Bahasa : Indonesia
ISBN : 979-511-149-3
Edisi :
Catatan Umum :
Catatan Bibliografi :
Catatan Seri :
Sumber :
Lembaga Pemilik : Perpustakaan STIK
Lokasi : Lantai 2
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
304.209.598 01-20-17036332 TERSEDIA
304.209.598 01-10-03037 TERSEDIA
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363
Masalah penggundulan hutan, erosi, banjir, kepunahan jenis, pemanasan global, hujan asam, dan lubang ozon telah menjadi isu global yang hangat, sehingga sering kita membaca dan mendengar tentang berbagai konferensi internasional tentang masalah tersebut juga, Perdebatan tentang pro dan kontra, baik tentang benar tidaknya isu itu maupun tentang data yang diajukan . Bagi masyarakat awam yang tidak mengikuti permasalahan tersebut, pro dan kontra itu menimbulkan kebingungan. Hal-hal tentang hutan yang diajarkan kepada kita sejak di SD, ternyata terlalu disederhanakan sehingga menimbulkan salah pengertian. Salah pengertian itu di sana-sini telah menjadi dasar kebijakan dan tindakan yang kurang tepat.
Sementara itu, timbul isu-isu baru yang membuat permasalahannya menjadi lebih rumit.. Apalagi karena isu-isu itu menjadi isu politik global yang tidak bebas dari subyektivitas dan bias. Masing-masing pelaku melihatnya dari sudut kepentingannya dengan kacamatanya sendiri.
Buku ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengertian kita tentang isu-isu global yang kini sedang kita hadapi. Dalam Bab 1 diuraikan tentang sifat global nisu-isu tersebut. Bab 2 menguraikan tentang fungsi ekologi hutan dengan hidrologi dan perlindungan tanah terhadap erosi yang sering disebut sebagai fungsi hidro-orologi. Dalam Bab 3 kita dapatkan uraian tentang keanekaan hayati dan masalah kepunahan jenis yang terkait padanya. Dalam 4, 5, dan 6 dapat kita baca, berturut-turut, tentang masalah pemanasan global, hujan asam. dan lubang ozon. Akhirnya, dalam 7 diuraikan secara menyeluruh tentang implikasi permasalahan tersebut bagi Indonesia.
Masing-masing bab berusaha untuk menguraikan arti dan prinsip permasalahan, implikasinya bagi Indonesia, dan apa yang dapat dilakukan Indonesia dalam menghadapi masalah-masalah itu.
:: Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)
LONTAR 4 :: Library Automation and Digital Archive