Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk memberikan gambaran tentang peranan FKPM dalam mendukung kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selebar. Walaupun ditengah kendala-kendala dan keterbatasan yang dimilikinya namun ternyata beberapa FKPM di wilayah hukum Polsek Selebar mampu menunjukkan peranannya didalam mendukung kamtibmas yang kondusif di wilayahnya. Situasi kamtibmas ini tercermin dengan terselesaikannya berbagai permasalahan dimasyarakat terkait kejahatan maupun permasalahan sosial yang meresahkan masyarakat sehingga dengan penyelesaian yang dilakukan oleh FKPM tersebut mampu menciptakan keamanan dan ketentraman di masyarakat. Adapun rumusan permasalahan yang diangkat didalam penelitian ini meliputi : 1) Bentuk-bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh FKPM di wilayah hukum Polsek Selebar, 2). Peranan FKPM dalam mendukung kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selebar, 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan FKPM dalam mendukung kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selebar.

Adapun pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan dari pengamatan maupun wawancara mendalam yang dilakukan terhadap sumber informasi sehingga dapat memberikan gambaran tentang situasi yang sebenarnya serta menemukan pola hubungan antara suatu situasi sehingga dapat mengungkap sisi keunggulan dan kelemahannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam dan telaahan dokumen. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengorganisasian data, yang selanjutnya dikembangkan dengan mereduksi data,menggabungkan data dan selanjutnya membuat kesimpulan.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh FKPM yang ada di wilayah hukum Polsek Selebar selain melaksanakan kegiatan sosialisasi juga melakukan kegiatan penyuluhan dan penyampaian pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat. Keberadaan FKPM inipun mendapat dukungan positif khususnya dari elemen masyarakat dan unsur pemerintahan setempat.

Wujud peranan FKPM dalam mendukung kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selebar tidak hanya terlihat dari keberhasilannya membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan ringan yang terjadi di masyarakat saja, namun juga permasalahan sosial lainnya yang apabila tidak segera. ditanggulangi akan berpotensi menjadi konflik di kemudian hari. Kemampuan FKPM dalam mengidentifikasi sumber keresahan di masyarakat sekaligus mencari solusi dari permasalahan tersebut telah menciptakan suatu situasi kamtibmas yang kondusif dilingkungannya.

Faktor yang mempengaruhi peranan FKPM dalam mendukung kamtibmas di wilayah hukum Polsek Selebar adalah sebagai berikut: Faktor Pendukung : Pertama, Faktor kepercayaan masyarakat kepada babinkamtibmas, Kedua, Faktor figur anggota FKPM, Ketiga, Faktor koordinasi. Faktor yang menghambat : Pertama, Faktor tugas rangkap petugas polmas, Kedua, Faktor kesibukan anggota FKPM, Ketiga, Faktor sarana dan prasarana, Keempat, Faktor sosialisasi, Kelima, Faktor dukungan media massa.