Abstrak

Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No. 737/X12005 tanggal 13 Oktober 2005 tentang Kebijakan Strategi Penerapan Model Perpolisian Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Tugas Polri, beserta turunannya untuk memberikan arah pelaksanaan Polmas yang memberikan Pengertian Umum dan Dasar Hukum Pembentukan Polmas dan FKPM. Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) merupakan organisasi yang bersifat independen yang merupakan wadah terjalinnya kerja sama serta komunikasi antara polisi dan masyarakat dalam menciptakan rasa aman dan ketertiban masyarakat. FKPM Serasan merupakan salah satu FKPM dalam model kawasan (pasar dan teminal) yang dibentuk di wilayah hukum Argamakmur, Bengkulu Utara. Seperti dijelaskan diatas, FKPM Serasan didirikan sebagai wadah kemitraan antara polisi dengan masyarakat lokal Purwodadi Argamakmur.

Dalam penelitian ini yang penulis jadikan lokasi penelitian FKPM Serasan di wilayah Kawasan Purwodadi Argamakmur Bengkulu Utara, Problematika yang penulis babas adalah bagaimana pecan FKPM Serasan dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban berlalu lintas di kawasan Pasar dan Terminal Purwodadi Argamakmur, Bengkulu Utara ?

Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dimulai dengan adanya suatu masalah yang biasanya spesifik dan diteliti secara khusus sebagai suatu kasus yang akan diangkat di permukaan tanpa adanya maksud untuk generalisasi. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, pemeriksaan dokumen, dan studi kepustakaan.

Penelitian ini didasarkan pada Teori Peran kepemimpinan, dan teori kinerja. Teori ini digunakan untuk menganalisis Peran FKPM SERASAN Dalam Menciptakan Kamtibmas di Kawasan Purwodadi ARGAMAKMUR, Bengkulu Utara.

Hasil penelitian ini adalah situasi kamtibmas di kawasan pasar dan terminal Purwodadi Argamakmur, Bengkulu Utara pada dasarnya sudah berjalan dengan cukup baik. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan FKPM Serasan di kawasan Purwodadi adalah sangat kecil, kondisi masyarakat yang kurang tertarik untuk bergabung dalam FKPM Serasan salah satunya diakibatkan karena tidak ada honor atau insentif yang diterima oleh anggota FKPM, padahal pada saat awal pembentukan FKPM Serasan ini sempat beredar informasi bahwa untuk setiap anggota FKPM nantinya akan ada honor. Namun demikian dengan semua kegiatan yang telah berlangsung selama ini, masyarakat mengakui manfaat adanya FKPM Serasan bagi kawasan pasar dan terminal Purwodadi, dan hal ini tetap mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan FKPM Serasan. Keberadaan FKPM Serasan di kawasan pasar dan terminal Purwodadi Bengkulu Utara membawa dampak positif bagi keamanan dan ketertiban lalu lintas. Adanya Supeltas yang dibentuk oleh Satlantas Polres Bengkulu Utara bersama dengan FKPM membantu polisi lalu lintas dalam mengatur lalu lintas di kawasan pasar dan terminal membuat keamanan dan ketertiban serta kelancaran semakin baik dengan adanya Supeltas yang secara langsung terjun ke lapangan.