Abstrak

Penelitian ini memiliki 3 (tiga) rumusan permasalahan yaitu 1) Pelaksanaan pengelolaan anggaran di Polres Cianjur scat ini 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen anggaran di Polres Cianjur 3) Pelaksanaan manajemen anggaran yang sebaiknya bagi Polres Cianjur.

Dalam pengelolaannya sampai saat ini banyak penulis lihat kendala-kendala yang terjadi, antara lain adanya kesulitan bagi para pejabat Polres terutama bagian administrasi untuk mengatur dan merencanakan anggaran karena tidak adanya pendidikan khusus kemampuan dibidang akuntansi (tidak ada anggota yang memilki kecakapan bidang anggaran). Belum lagi masalah kurangnya anggaran yang turun sehingga tidak mencukupi kebutuhan. Masalah ini semua berkaitan dengan sistem manajemen personalia Polri yang masih jelek antara lain karena tidak memilah pekerjaan sesuai spesialisasinya.

Pelaksanaan pengelolaan anggaran di Polres Cianjur saat ini yang hanya dilaksanakan oleh anggota Polres tanpa pendidikan khusus dalam bidang keuangan dan anggaran karena itu adanya motivasi tersendiri bagi personil Polri untuk meningkatkan karir sehingga kemampuan dalam bidang akuntansi tidak berkembang cukup. Walaupun ada yang mampu belajar kemudian pindah sehingga pejabat bare harus belajar lagi. Keadaan ini tanggulangi sementara oleh Polres Cianjur dengan menempatkan PNS pada jabantan Kasubbag Ran, dengan alasan bahwa PNS selama tidak mengajukan pindah tidak akan mengalami mutasi keluar Polres sehingga kemampuan akan semakin terasah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen anggaran di kesatuan kepolisian setingkat Polres terutama Polres Cianjur dapat di kelompokkan menjadi faktor internal dan eksternal yang terdiri dari faktor manusia, uang, metoda, material dan pasar sesuai dengan konsep sarana manajemen yang Bering disebut sebagai management tools yang terdiri dari 5 faktor tersebut.

Pelaksanaan manajemen anggaran yang baik bagi Polres Cianjur dapat mengacu pada konsep Policing By Objective(aplikasi management by objective) dan tetap dalam koridor aturan tentang sistem anggaran yang ditetapkan pemerintah. Kesatuan Polres Cianjur sebagai bagian dan aparatur pemerintah juga diharuskan menyusun anggaran yang sesuai dengan kriteria Good Governance penjabaran konsepsi AKIP dan LAKIP. Faktor manusia yang terpenting dalam organisasi harus diperhatikan dan dikembangkan dengan baik oleh organisasi. Kemudian untuk percepatan kelancaran pelaksanaan sistem anggaran berbasis kinerja ini Polres dapat mengadakan berbagai pengarahan setingkat workshop bagi para pelaksana manajemen anggaran sampai dengan mengundang personil Renbang dari satuan atas.