Abstrak

Kawasan lokalisasi Dolly berada di wilayah hukum Polsek Sawahan, Polres Surabaya Selatan. Keberadaan kawasan lokalisasi Dolly tidak terlepas dari Pro dan Kontra masyarakat Kota Surabaya pada khususnya dan masyarakat Iuas pada umumnya. Kawasan Dolly sebagai tempat prostitusi mempunyai dampak yang sangat kompiek. Kompleksitas dampak akan keberadaan kawasan lokalisasi Dolly memberi pengaruh kepada segi kehidupan masyarakat kawasan lokalisasi Dolly dan sekitamya antara lain berdampak pada aspek pendidikan, aspek kewanitaan, aspek ekonomi, aspek kesehatan, aspek sosiologi, aspek penataan kota dan aspek kamtibmas. Disamping dampak negatif kawasan lokalisasi ini jugs mempunyai dampak positif antara lain : terkontrolnya perkembangan penyakit kelamin, menambah penyerapan tenaga kerja dan menjadi pioner pengembangan kota.

Dari semua dampak yang ditimbulkan akan keberadaan kawasan prostitusi Dolly baik dampak posistif maupun negatif, semua itu akan bermuara pada tugas dan tanggung jawab Polri sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam negeri, baik dampak sosial tentang keberadaan kawasan prostitusi Dolly yang mempunyai potensi kerawanan- kerawanan yang dapat menyebabkan konflik sosial sampal dengan dampak yang dapat menimbulkan kegiatan-kegiatan kriminal. Selain itu kawasan prostitusi Dolly dianggap daerah yang rentan akan terjadinya tindak kejahatan, hal ini oleh masyarakat dianggap merupakan tempat berkumpulnya pelaku kriminalitas dan rawan akan terjadinya tindak kriminalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa upaya Polsek Sawahan dalam implementasi polmas guna pemberdayaan tokoh masyarakat dalam upaya pencegahan kejahatan yang mengarah kepada upaya pemberdayaan masyarakat dan tokoh masyarakat kawasan lokalisasi Dolly dalam upaya menciptakan dan memelihara kamtibmas serta upaya pencegahan kejahatan yang ada di lingkungannya dengan konsep polmas, dari hasil penelitian yang dilakukan dapat digambarkan bahwa pelaksanaan konsep polmas yang dilakukan Polsek Sawahan sudah berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan semakin besarnya motivasi dan peran serta aktif masyarakat kawasan lokalisasi Dolly dalam upaya membantu tugas kepolisian dengan ikut serta menciptakan dan memelihara kamtibmas dilingkungannya, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya.