Abstrak

Pembahasan skripsi ini bertujuan menggambarkan aktivitas anggota Polsekta Padang Barat dan masyarakat Kawasan Pasar Raya Padang dalam memberantas premanisme, menjelaskan aktivitas anggota Polsekta Padang Barat dalam memberdayakan FKPM Kawasan Pasar Raya Padang dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi anggota Polsekta Padang Barat dalam memberdayakan FKPM Kawasan Pasar Raya Padang. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kualitatif karena penulis ingin meneliti permasalahan spesifik yaitu sejauh mana Implementasi Kebijakan Dan Strategi Penerapan Polmas Khususnya, Selain Itu metode studi kasus digunakan untuk mempelajari secara dalam terhadap suatu individu,kelompok atau komunitas masyarakat beserta interaksi-interaksi sosial yang terjadi didalamnya. Disamping itu penulis juga membahas temuan-temuan yang ditemukan dengan menggunakan beberapa konsep maupun teori seperti, Konsep Polmas, konsep pencegahan kejahatan, konsep kemitraan, konsep pemberdayaan serta teori-teori seperti teori partisipasi, teori komunikasi, teori kepemimpinan.

Dari hasil penelitian mengenai Pemberdayaan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kawasan Pasar Raya Padang Dalam Memberantas Aksi Premanisme oleh Polsekta Padang Barat yang sedang berjalan saat ini yaitu adanya upaya petugas Polmas bersama-sama masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Hal tersebut terlihat dengan adanya pemberdayaan FKPM yang dilakukan oleh Polsek Padang Barat antara lain adanya keikut sertaan anggota FKPM dalam membantu tugas-tugas kepolisian dalam hal menjaga ketertiban dan keamanan khususnya di Kawasan Pasar Raya Padang.

Sebagai kesimpulan dalam skripsi ini bahwa bentuk kerjasama Polsekta Padang Barat dan masyarakat Kawasan Pasar Raya Padang dalam menanggulangi premanisme adalah dengan dibentuknya FKPM di kawasan tersebut,pemberdayaan FKPM di Kawasan Pasar Raya telah terlaksana dengan berbagai kegiatan dalam memberantas premanisme yaitu dengan pembentukan FKPM/BKPM, kegiatan sosialisasi, pelatihan-pelatihan dan pendirian Posko Keamanan Terpadu di Kawasan Pasar Raya. Selain itu juga penulis juga menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan FKPM Kawasan Pasar Raya yaitu faktor Internal dan Eksternal. Sebagai saranlrekomendasi dari penulis kepada Kapoltabes Padang dan Kapolsekta Padang Barat adalah mendirikan BKPM Kawasan Pasar Raya, melengkapi sarana prasarana dan segera merealisasikan anggaran operasional FKPM.