Abstrak
Alasan penulis mengambil obyek penelitian di Polsek Gedangan Sidoarjo, untuk melihat bagaimana pelaksanaan implementasi Polmas yang dilakukan oleh petugas Polmas dari Polsek Gedangan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran petugas Polmas dalam membangun kemitraan dengan masyarakat untuk menciptakan keamanan di lingkungan Polsek Gedangan Sidoarjo. Manfaat teoritis dari penelitian ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan penulis tentang peran petugas Polmas dalam membangun kemitraan di lingkungan Polsek Gedangan Sidoarjo. Manfaat praktis dari penulisan adalah memberikan sumbangan pemikiran kepada penegak hukum khususnya petugas Polmas Polsek Gedangan dalam membina Kemitraan dengan masyarakat.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Beberapa konsep dan teori yang digunakan penulis adalah konsep Polmas, teori peran dan status, teori kerjasama dan teori partisipasi.

Dari hasil penelitian diketahui adanya faktor-faktor yang mempengaruhi adanya kemitraan adalah FKPM memberikan pengertian kepada masyarakat agar menjadi Polisi untuk dirinya sendiri. Dalam menangani masalah di masyarakat antara lain dengan menggunakan metode musyawarah untuk mencapai mufakat.

Dengan adanya pola pikir penulis mengenai peran petugas Polmas dalam membangun kemitraan di lingkungan Polsek Gedangan Sidoarjo menunjukkan bahwa pelaksanaan kemitraan yang dibangun antara petugas Polmas dengan masyarakat sudah cukup lancar, hal ini bisa terwujud dengan adanya dukungan dari masyarakat dan peran dari tokoh masyarakat Gedangan Sidoarjo.