Abstrak

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah Polri sebagai salah satu aparat pemerintah yang bertanggung javrab dalam pembinaan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas senantiasa melaksanakan upaya pembinaan disiplin lalu lintas tersebut dalam rangka mewujudkan kearrtanan, ketertiban, dan kelancaran lalu limas, sebagaimana tugas pokoknya dalam UU RI No 2 Th. 2002 pasal 14 ayat (1) c : membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. Di wilayah Polres Kebumen pada periode 7 bulan terakhir (Januari-Juli) tahun 2007 telah menunjukkan adanya kecenderungan penurunan angka kecelakaan lantas baik dalam jumlah kejadian maupun kerugian material yang diakibatkannya. Penurunan angka kecelakaan yang terjadi di wil Polres Kebumen ini tak bisa terlepas dari kinerja dari anggota Satuan Fungsi Lalu Lintas khususnya unit Dikmas. Sehingga nampak bahwa kinerja dari petugas Unit Dikmas Lantas Palres Kebumen yang dalam hal ini ditampilkan dalam bentuk hasil kerja berupa peningkatan kesadaran masyarakat maka tingkat kecelakaan lantas khususnya yang disebabkan oleh faktor manusia dapat diminimalisasikan.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kinerja petugas Unit Dikmas Lantas Polres Kebumen memiiiki pengaruh terhadap penurunan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen, seberapa besar pengaruhnya, serta besar pengaruh hubungan dari masing-masing faktor kinerja petugas Unit Dikmas Lantas Polres Kebumen tersebut terhadap penunman angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen.

Dengan mengacu pada permasalahan maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan cara mengukur secara statistik hubungan antar dua variabel, yaitu melihat pengaruh kinerja petugas Unit Dikmas Lantas Polres Kebumen terhadap penunman angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan melalui sebar kuesioner, wawancara dan dokumentasi.Responden penelitian adalah petugas Satuan Fungsi Lalu Lintas Polres Kebumen yang dipilih secara purposive.

Dari temuan penelitian yang ditemukan, menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kinerja petugas Unit Dikmas Satuan Lalu Linters Polres Kebumen terhadap penurunan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kebumen, dimana pengaruh tersebut terjadi karena adanya faktor tingkat upaya petugas Unit Dikmas Lantas yang tinggi, yaitu sebesar 58 %.

Adapun saran atau rekomendasi adalah Polres Kebumen seyogyanya meningkatkan lagi tingkat keterampilan petugas Satuan Lalu Lintas khususnya Unit Dikmas, serta memperbaiki sifat keadaan eksternal yang dianggap kurang mendukung, sehingga tercipta kinerja petugas yang lebih baik lagi untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas masyarakat.