Abstrak

Masalah lalu lintas saat ini sangat dirasakan dampaknya diberbagai kota di Indonesia, seperti masalah kemacetan lalu lintas, kesulitan mencari tempat parkir, serta ketidak tertiban lalu lintas. Kemacetan akan menimbulkan berbagai dampak negatif yang mengganggu aktivitas masyarakat, baik terhadap pengemudinya sendiri maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. Demikian pula dengan kecelakaan lalulintas yang terjadi.

Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan tentang proses penyidikan yang dilakukan oleh Unit Penyidik Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Tengah dalam menjalankan peran dan fungsinya yaitu penyidikan kasus kecelakaan lalu lintas dalam rangka penegakan hukum. Kecelakaan lalu lintas yang dimaksud adalah kejadian yang terjadi di wilayah hukum Polres Lombok Tengah.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan yang dijadikan sebagai data sekunder, sedangkan data primer diperoleh dengan Cara pengamatan terlibat (participant observer) melalui penelitian lapangan, serta wawancara dengan sumber informasi secara tidak terstruktur (indepth interview). Sumber informasi terdiri dari para pejabat di Polres Lombok Tengah khususnya Satuan Lalu Lintas yang berkompeten terhadap masalah kecelakaan lalu lintas dan Tersangka, serta Wakil Rakyat (DPRD Tingkat II Kab. Lombok Tengah). Sedangkan materi pertanyaan terkait dengan konteks permasalahan penelitian.

Analisis data pada penelitian ini merupakan faktor pendukung utama sebelum menentukan hasil penelitian yang dituangkan dalam kesimpulan. Pada akhirnya, kesimpulan dari penelitian ini mengacu kepada permasalahan penelitian diantaranya yaitu, penggambaran (deskripsi) kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) di wilayah hukum Polres Lombok Tengah, faktor yang mempengaruhi kinerja Sat Lantas Polres Lombok Tengah khususnya dalam proses penyidikan Unit Idik Laka, serta implementasi proses penyidikan Unit Idik Laka Sat Lantas Polres Lombok Tengah ditinjau Bari aspek manajemen.