Abstrak

Akademi Kepolisian adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kapolri. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/159/IV/2007 tanggal 13 April 2007 Akademi Kepolisian menerima Calon Taruna dengan latar belakang pendidikan Bintara Polri, SMA, D3, Si dan S2 dengan komposisi 70 orang dengan latar belakang pendidikan bukan Sarjana dan 230 orang dengan latar belakang pendidikan Sarjana.

Permasalahan dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimanakah Pola Pengasuhan Taruna Akpol dari sumber Sarjana, 2) faktor apa saja yang mempengaruhi, 3) upaya apa saja untuk mengatasi kendala. Teori yang digunakan adalah Teori Manajemen (George R Tery), Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (Sondang Siagian dan Awaloedin Djamin), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar (Djaali), Kekerasan dalam Pendidikan (Abd. Rahman Assegai) dan Teori Harapan (Victor Vroom). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian adalah penelitian lapangan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Pengamatan, 2) Wawancara dan 3) Studi Dokumen. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian adalah: 1)pola pengasuhan terhadap Taruna Akpol baik dari sumber Sarjana maupun dari sumber bukan Sarjana, mulai tahun 2000 sampai dengan tahun 2006 adalah sama 2)faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan pengasuhan adalah a)faktor internal dan faktor ekstemal dari Taruna Akpol sebagai subyek yang diasuh, dan b)faktor internal dan faktor ekstemal dari Pengasuh sebagai subyek yang mengasuh. 3) upaya-upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pengasuhan terhadap Taruna dari sumber Sarjana adalah: a)upaya untuk mengatasi perbedaan kemampuan akademik, b)upaya untuk mengatasi perbedaan kemampuan jasmani, e)upaya untuk mengatasi perbedaan kondisi kesehatan, d)upaya untuk mengatasi perbedaan pemahaman tentang pengasuhan, e)upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pengasuhan, f)melaksanakan tukar pendapat antara Taruna dengan Pengasuh, g)peningkatan kualitas Pengasuh.

Penulis memberikan 3 (tiga) rekomendasi kepada Akademi Kepolisian, diantaranya adalah : 1) rancangan Pedoman Pengasuhan Taruna Akademi Kepolisian agar segera disahkan sehingga pelaksanaan kegiatan pengasuhan dapat terlaksana dengan baik. 2)kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan : a)segera dilakukan pelatihan khusus untuk pengasuh, b)agar Gubernur Akpol memberikan sanksi yang tegas kepada Taruna atau Pengasuh yang masih melakukan tindak kekerasan, e)agar segera dipenuhi sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pengasuhan d)perlu diberikan materi tentang kesehatan kepada Taruna, e)perlu dilakukan kaji ulang tentang Tradisi Korps Taruna yang tidak sehat. 3)kaitannya dengan upaya-upaya untuk mengatasi kendala : a)lakukan tes psikologi bagi calon pengasuh di Polda asal, b)lakukan tes psikologi bagi calon pengasuh di Akpol untuk menentukan penempatan tugas Pengasuh di Kortarsis.