Abstrak

Skripsi ini adalah tentang peranan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban di wilayah hukum Polres Batang dalam pencegahan pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen, dengan permasalahan penelitian adalah bagaimana peranan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalam pencegahan pencurian kayu jati di BKPH Plelen. Adapun perhatian utama dalam kajian skripsi ini adalah praktek pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen, peranan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalam upaya pencegahan terjadiirya pencurian kayu jati, serta faktor-faktor yang mempengaruhi Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalam upaya pencegahan pencurian kayu jati di sekitar hutan BKPH Plelen.

Rujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang praktek pencurian kayu jati yang terjadi di kawasan hutan BKPH Plelen, memberikan gunibaran tentang peranan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalarn pencegahan pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen dan memberikan gambaran tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peranan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalam pencegahan pencurian kayu jati di BKPH Plelen.

Pendekatan yang digunakan dalam penclitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif analisis, dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, penelitian dokumen dan wawancara mendalam. Tehnik analisa data berupa reduksi data, penggabungan data dan penggunaan teori dan konsep dalam menganalisa data.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Hierarki Kebutuhan oleh Abraham Maslow dan Teori Segitiga Cohen dan Folsen. Selain menggunakan kedua teori di atas, penulis juga menggunakan beberapa konsep yaitu Konsep Peranan. Konsep Penegakkan Hukum, dan Konsep Pencegahan Kejahatan dalam membahas permasalahan yang ada.

Praktek pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen dilakukan oleh masyarakat sekitar hutan dipicu karena faktor ekonomi, yaitu keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain mempunyai tugas pokok meiaksanakan fungsi kepolisian di bidang Ialu lintas melalui kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli dalam rangka menciptakan keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas, keberadaan Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencegahan pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen. Penjagaan dan patroli yang dilakukan angggota Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban yang merupakan kawasan hutan BKPH Plelen akan menutup ruang gerak para pencuri kayu dan menghilangkan peluang/kesempatan para pelaku untuk melakukan pencurian kayu jati. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pos Polisi Lalu Lintas Alas Roban dalam upaya pencegahan pencurian kayu jati di kawasan hutan BKPH Plelen adalah sebagai berikut : (a) Faktor hukum. (b) Faktor penegak hukum, (c) Faktor sarana dan fasilitas, (d) Faktor masyarakat, dan (e) Faktor kebudayaan.