Abstrak

Latar belakang skripsi ini adalah permasalahan pembalakan liar (illegal logging) sering terjadi di Indonesia. Permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang serius dan perlu mendapatkan penanganan dengan sebaik-baiknya. Penanganan masalah pembalakan liar (illegal logging) harus dilakukan sejak secara dini dengan melakukan upaya-upaya pencegahan (prevention) dani seluruh pihak-pihak yang berkepentingan maupun dari masyarakat. Pencegahan pembalakan liar (illegal logging) yang dilakukan oleh pihak kepolisian dengan mengedepankan peranan Babinkamtibmas. Peranan Babinkamtibmas di dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan terhadap tindak pidana pembalakan liar (illegal logging) harus mendapat dukungan dari masyarakat. Dukungan masyarakat merupakan modal dasar bagi seorang Babinkamtibmas dalam melakukan tugasnya sehari-hari berupa sosialisasi terhadap terjadinya pencegahan pembalakan liar (illegal logging) yang sekarang masih digalakkan.

Sementara dalam temuan penelitian ditemukan sebuah peran serta masyarakat dalam mendukung pencegahan pembalakan liar (illegal logging) di Taman Nasional Bali Barat oleh Babinkamtibmas Desa Blimbingsari dengan pembentukan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat serta pelaksanaan perpolisian masyarakat (Polmas). Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengangkat masalah dalam penulisan skripsi ini.

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Penelitian dilakukan sejak tangggal 8 Maret- 6 April 2007 ini menemukan bahwa peranan Babinkamtibmas Desa Blimbingsari Polsek Melaya dapat menimbulkan suatu ide atatu gagasan sehingga masyarakat Desa Blimbingsari dapat berpartisipasi dalam mencegah terjadinya pembalakan liar (illegal logging) di Taman Nasional Bali Barat dengan pembentukan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat.

Pencegahan pembalakan liar (illegal logging) di Taman Nasional Bali Barat oleh Babinkamtibmas Desa Blimbingsari menjadi fokus penelitian. Dengan menggunakan teori motivasi, peran dan status, peranan, konsep pencegahan kejahatan, konsep Polmas, serta Babinkamtibmas. Informan yang digunakan antara Lain Pejabat Polres ]embrana, Polsek Melaya, Petugas Taman Nasional Bali Barat, Kepala Desa Blimbingsari dan masyarakat Desa Blimbingsari.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pencegahan pembalakan liar (illegal logging) di Taman Nasional Bali Barat oleh Babinkamtibmas Desa Blimbingsari Polsek Melaya dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat, mengedepankan penerapan Polmas dan pembentukan Forum Kemitraan Polisi dan Masyanakat. Peranan yang dilakukan tersebut mendukung pelaksanaan tugas Babinkamtibmas dalam pencegahan pembalakan liar (illegal logging) di Taman Nasional Bali Banat.