Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana upaya reklamasi lahan kritis akibat aktivitas penambangan pasir yang dilakukan oleh Kelompok Tani Simpay Tampomas, (2) Mengetahui bagaimana implementasi tugas Babinkamtibmas Polsek Cimalaka dalam mendukung upaya reklamasi lahan kritis akibat aktivitas penambangan pasir, (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tugas Babinkamtibmas Polsek Cimalaka.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pilihan RasionaI (Rational Choice Theory), Teori Peran dan Status, Teori Komunikasi, Teori Penyelesaian Sengketa, Konsep Perpolisian Masyarakat, Bujuklap Kapolri No. Pol : I71 VI11 1997, tanggal 18 lull 1997 tentang Babinkamtibmas dan konsep-konsep tentang Babinkamtibmas dan bahan galian. Tetapi fokus lebih kepada Rational Choice Theory, Teori Peran dan Status, Teori Komunikasi dan Teori Penyelesaian Sengketa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan sifat penelitian eksploratif dengan menggunakan narasumber meliputi, Kabagbinamitra Polres Sumedang, Kapolsek Cimalaka, Personel Babinkamtibmas Polsek Cimalaka, Kasi Rekwasdal Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Sumedang, Kasubdin PDL Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang, Polisi Desa, dan Warga masyarakat Desa Cibeureum Kulon.

Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Upaya reklamasi lahan kritis yang dilakukan oleh Kelompok Tani Simpay Tampomas yaitu menanami kembali lahan kritis bekas areal tambang pasir seluas 5 hektar dengan komoditas tanaman yang sesuai. Ada dua jenis komoditas tanaman yang ditanam, yaitu tanaman Buah Naga dan potion Cebreng , (2) Implementasi dari pelaksanaan tugas Babinkamtibmas Polsek Cimalaka dalam mendukung upaya reklamasi lahan kritis akibat aktivitas penambangan pasir meliputi, kegiatan penyuluhan kepada pengusaha galian pasir, sosialisasi upaya reklamasi lahan Kelompok Tani Simpay Tampomas, monitoring situasi kamtibmas di sekitar areal reklamasi, dan sambang yang ditujukan baik kepada pengusaha galian pasir maupun KeIompok Tani Simpay Tampomas, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tugas Babinkamtibmas Polsek Cimalaka terdiri dari dua, yaitu yang bersifat mendukung dan menghambat. Faktor yang mendukung adalah perhatian masyarakat dan kebijakan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Sunarko D.A., Sedangkan yang menghambat adalah jumlah personel kurang, kemampuan personel kurang, sarana prasarana pndukung kurang, dan anggaran kurang memadai.